The True Winner

Kelahiran akan menyambut makhluk-makhluk pilihan yang layak hidup di dunia ini. Seperti makhluk yg lain, manusia seperti kita juga telah dipilih menjadi yg terbaik minimal untuk diri kita sendiri. Meski melalui jalan yg beragan dalam menapaki kehidupan ini, ada satu tujuan yg pasti kita swemua miliki, yaitu kebahagiaan. Manusia satu dengan manusia lain memiliki kisah hidup masing-masing. Satu dengan yang lain melewati jembatan hidupnya sesuai kehendak Allah SWT. Sangat banyak orang yang hidup dengan jalan yang mulus, namun tak sedikit pula orang yang hidup dengan jalan yg terjal. 

Untuk orang yang memiliki jalan hidup yg mulus, mereka akan selalu berjalan tegak di muka bumi ini dengan sejuta senyuman dan kenyamanan. Merekan akan mendapat apapun sesuai kehendak hati mereka. Mereka seolah seperti pemenang dalam persaiangan hidup yg keras ini. Mereka akan mengenang hidup mereka dengan selalu tersenyum riang karena hampir seluruh perhiasan dunia telah mereka nikmati tanpa tetesan darah perjuangan yg berarti. Terkadang terbesit dalam hati, apa benar mereka sang pemenang sejati?

Di sisi lain, untuk orang-orang yang memiliki jalan hidup yang terjal bahkan berduri. Bagaimana cara mereka berjalan di muka bumi ini? Sedangkan membuka mata untuk esok hari saja mereka sering tak berani dan tak peduli. Dalam hidup mereka tak ada kata pilihan, hanya ada kata harus menjalani apa yg tetulis dalam lembaran hari. Mereka tak sempat memikirkan kebahagiaan maupun keinginan, yg mereka pikir hanya cara menjalani hari yg kerap menyayat hati. Mereka sibuk menyeka air mata hidupnya, mereka sibuk memeras keringat kepedihan hidup, mereka sibuk menghibur diri sendiri untuk berani melanjutkan pagi, mereka sibuk meyakinkan diri bahwa mereka masih mampu berjaln, mereka sibuk menenangkan hati yg kerap layu, mereka juga sibuk menghirup udara segar untuk hidupnya yg sesak dan penuh. Dengan semua kesibukan itu, bagaimana mereka akan menginginkan suatu hal atau bahkan memikirkan hal yg indah-indah? Akan tetapi hidup mereka tetap dituntut sama dengan orang-orang yg selalu menang dalam kebahagiaan. Namun, mereka orang -orang kuat yg berani menentang arus kepedihan dan penderitaan setiap harinya. Meski cobaan orang-orang itu berbeda-beda dengan alasan dan tujuan yg berbeda-beda pula. Tetap saja bagi pemenang kebahagiaan, semua itu tidak akan mudah mereka pahami. Mereka yg selalu bahagia akan menganggap remeh dan tidak peduli pada mereka yg kurang beruntung dalam kebahagiaan. 

Padahal tidak semua orang yg hidupnya terjal akan kalah, tidak semua orang yg hidupnya penuh tangis akan mati dalam keadaan menangis, tidak senua orang yg hidup dengan banyak rintangan akan selalu dipersalahkan, tidak semua orang yang hidup dengan penuh rintihan akan menjadi yg terlemah pada suatu masa kelak. Justru mungkin mereka sang pemenag sejati, mungkin mereka orang-orang pilihan yg sedang diuji untuk kehidupanyg besar pada masa mendatang, mungkin mereka orang yg paling mengerti arti hidup karena telah melalui berbagai jalan untuk bertahan hidup, atau bahkan mereka dapat memenagkan kemenangan abadi yaitu ridha Allah karena kesabaran dan ketulusan mereka dalam menjalani hidup. 
Apapun dan bagaimanapun jalan hidup kita, semua telah dipilihkan Allah yg terbaik dan telah tersusun rapi untuk kita jalani. Tak ada kata, dan tak ada yang bisa kita lakukan selain menjalaninya dengan penuh syukur, ikhlas dan percaya bahwa hanya Allah yg tau siapa yg berhak menjadi pemenang yg hakiki dalam hidup hingga di akhirat nanti.


"Air mata tak selamanya menjadi luka. Senyuman tak selamanya menjadi kebahagiaan. Penderitaan tak selamanya pahit. Dan keburukan tak selamanya menjadi aib. Akan tetapi keyakinan terhadap kebenaran akan selamanya menjadi kait yg kokoh untuk berjalan lurus di jembatan hari."

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.